Info PTK (Perguruan Tinggi Kedinasan)


Daftar PTK (Perguruan Tinggi Kedinasan)
Info PTK 
Kuliah Gratis berpeluang langsung diangkat jadi pegawai negeri sipil. Mau ????


AMKG (Akademi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)
Balai Pendidikan dan Pelatihan Meteorologi dan Geofisika merupakan unit
pelaksana teknis pendidikan dan latihan di sub sector Meteorologi dan Geofisika,
berada di bawah Badan Pendidikan dan Latihan Perhubungan. Sebagai perintis dan
inti terbentuknya Balai Pendidikan dan Latihan Meteorologi dan Geofisika adalah
suatu unit pendidikan dengan nama Akademi Meteorologo dan Geofisika (AMG), yang
didirikan di Bandung dengan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan
nomor : 11 / 6 / 8 pada tanggal 7 September 1955, bernaung di bawah Lembaga
Meteorologi dan Geofisika (LMG) yang kampusnya berada di Institut Teknologi
Bandung (ITB).
Pada tahun 1960, AMG dipindahkan ke kantor pusat Lembaga Meteorologi dan
Geofisika (LMG) di jalan Arief Rahman Hakim No. 3 Jakarta pusat.
Pada tanggal 8 Maret 1978 yang berdasar pada Surat Keputusan Menteri Perhubungan
nomor : KM 55 / OT/ PHB-1978, AMG berubah nama menjadi Balai Pendidikan dan
Pelatihan Meteorologi dan Geofisika (BPLMG) dengan status berada di bawah Badan
Diklat Departemen Perhubungan. Sementara itu LMG berubah nama menjadi Badan
Meteorologi dan Geofisika (BMG). Sejak tahun 2000, BPLMG berubah kembali menjadi
AMG di bawah Badan Diklat Perhubungan. Dan pada akhir tahun 2001 sampai
sekarang, kampus AMG pindah dan berlokasi di jalan Perhubungan 1 Kompleks
Meteorologi dan Geofisika Departemen Perhubungan Pondok Betung – Bintaro.
Pada awal tahun 2003, BMG menjadi Lembaga Pemerintahan Non Departemen (LPND),
sehingga saat ini AMG tidak lagi berada di bawah Badan Diklat Departemen
Perhubungan melainkan berada langsung di bawah Badan Diklat BMG. Pada tanggal 24
Maret 2005, AMG diresmikan menjadi cyber campus.
Instansi / Departemen yang menaungi
Badan Meteorologi dan Geofisika
Jurusan , Spesialisasi dan Program Pendidikan
Program Diploma III dan tahun 2010 direncanakan menjadi D IV (sekolah Tinggi):
1.       Meteorologi
2.       Instrumentasi
3.       Geofisika
Jurusan dibuka berdasarkan kebutuhan pegawai di BMG
Fasilitas
Fasilitas Perorangan
  Bebas biaya SPP dan SKS
  Bebas biaya praktikum
  Uang saku
  Buku tulis setiap semester
  Berikatan dinas
Fasilitas Bersama
  Perpustakaan
  Laboratorium Fisika
  Laboratorium Bahasa
  Laboratorium Komputer
  Mushola
  Ruang kelas full AC
  Internet
  Simulator taman alat Meteorologi
Penerimaan Mahasiswa Baru
Syarat masuk :
  Memiliki ijasah SMU jurusan IPA, STM jurusan listrik/elektronika
  Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 157 untuk wanita
  Nilai Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris pada STK minimal 6.0
  Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama masa pendidikan
  Usia maksimal 23 tahun saat pendaftaran
  Berkelakuan baik dan bebas Narkoba
  Berbadan sehat
  Membayar uang pendaftaran
  Lulus seleksi administrasi, akademik, kesehatan, psikotes & wawancara.
Syarat administrasi :
  Foto kopi ijasah yang telah dilegalisir
  Foto kopi STK yang telah dilegalisir
  Foto kopi akte kelahiran
  Pas foto terbaru ukuran 4 X 6 hitam putih/berwarna sebanyak 4 lembar
  Surat pernyataan belum menikah dan sanggup tidak menikah selama masa
  pendidikan
  Surat keterangan berbadan sehat dan tinggi badan dari dokter
  Surat keterangan bebas Narkoba
  Surat keterangan berkelakuan baik dari kepolisian setempat
  Bukti pembayaran pendaftaran
Prosedur Pendaftaran :
  syarat nomor 1 s.d 8 diserahkan pada waktu mendaftar pada petugas pendaftaran
  dan dimasukkan kedalam stofmap folio
  calon taruna harus datang sendiri pada waktu mendaftarkan diri dan tidak boleh
  diwakilkan.
Catatan
Syarat pendaftaran yang tercantum di atas sewaktu-waktu dapat berubah.
 Rute Angkutan Umum
1. Dari Bandara Soekarno Hatta, Dari bandara naik patas jurusan Blok M, Dari
terminal Blok M naik metro mini 71 ( turun di pasar Bintaro), Dari pasar Bintaro
naik angkot 05 ( turun di kompleks Meteorologi ), Masuk kompleks sekitar 100
meter.
2. Dari Terminal Senen, Dari terminal Senen naik patas P44 jurusan Ciledug (
turun di Cipulir ), Dari Cipulir naik angkot 05 ( turun di kompleks Meteorologi
)
Informasi Contact
Alamat Lengkap: Jalan Perhubungan 1 Kompleks Meteorologi, Pondok Betung,
Bintaro, Jakarta Selatan 15221
Telepon : 021 – 73691622 Fax : 021 – 73691621
Website: www.amg.ac.id


STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)
Sekolah Tinggi Akuntansi Negara merupakan penyelenggara pendidikan program
Diploma Bidang Keuangan dalam lingkungan Departemen Keuangan bertujuan untuk
mendidik mahasiswa supaya mempunyai pengetahuan dan keahlian di bidang akuntansi
dan keuangan sektor publik dan mempersiapkan mahasiswa agar kelak menjadi
Pegawai negeri yang berdisiplin kuat, berakhlak tinggi dan penuh dedikasi.
Sekolah Tinggi Akuntansi Negara ditetapkan dengan Peraturan Menteri Keuangan
Nomor : 12/PMK/1997 tanggal 18 Februari 1987. Sedangkan Program Diploma Keuangan
dalam lingkungan Departemen Keuangan telah dilimpahkan tanggung jawab
pengelolaannya kepada Direktur Sekolah Tinggi Akuntansi Negara sesuai dengan
Surat Tugas Kepala Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan Nomor : ST-098/BP/1997
Tanggal 31 Oktober 1997 dan Surat Edaran Kepala Badan Pendidikan dan Latihan
Keuangan Nomor : SE-048/BP/1998 tanggal 29 Oktober 1998.
Tujuan Program Pendidikan
1. Tujuan umum program pendidikan adalah mendidik mahasiswa supaya mempunyai
pengetahuan, keahlian dan ketrampilan dalam bidang spesialisasinya masing-masing
juga mempersiapkan mahasiswa agar menjadi pegawai negeri yang beridisiplin
tinggi, berakhlak tinggi dan penuh dedikasi.
2. Program Diploma Spesialisasi Kebendaharaan Negara/Anggaran bertujuan untuk
melaksanakan tugas pengelolaan keuangan Negara di bidang kebendaharaan/
anggaran.
3. Program Diploma Spesialisasi Perpajakan mendidik mahasiswa sebagai calon
pegawai di lingkungan Departemen Keuangan memiliki kemampuan melaksanakan tugas
pengelolaan keuangan Negara di bidang perpajakan.
4. Program Diploma Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai/Bea dan Cukai mendidik
mahasiswa sebagai calon pegawai di lingkungan Departemen Keuangan memiliki
kemampuan melaksanakan tugas pengelolaan Negara di bidang Kepabeanan dan cukai.
5. Program Diploma Spesialisasi Kepiutanglelangan/Pengurusan Piutang dan Lelang
Negara (PPLN) mendidik mahasiswa sebagai calon pegawai di lingkungan Departemen
Keuangan memiliki kemampuan melaksanakan tugas pengelolaan keuangan Negara di
bidang kepiutanglelangan.
6. Program Diploma Akuntansi Pemerintahan mendidik mahasiswa sebagai calon
pegawai di lingkungan Departemen Keuangan memiliki kemampuan melaksanakan tugas
pengelolaan keuangan Negara di bidang akuntansi dan audit sektor publik.
Beban Studi
Beban studi pendidikan Program Diploma Bidang keuangan adalah :
  Diploma I minimal 40 SKS dan maksimal 50 SKS.
  Diploma III minimal 110 SKS dan maksimal 120 SKS.
  Diploma IV minimal 144 SKS dan maksimal 180 SKS.
  Pendidikan Asisten/Pembantu Akuntan minimal 40 SKS dan maksimal 50 SKS.
 Waktu Studi
Waktu studi pendidikan Diploma Bidang Keuangan sebagai berikut :
  Diploma I adalah 2 (dua) semester yang harus diselesaikan dalam waktu 1 (satu)
  tahun.
  Diploma III adalah 6 (enam) semester yang harus diselesaikan dalam waktu 3
  tahun.
  Diploma IV adalah 8 (delapan) sampai 10 (sepuluh) semester yang harus
  diselesaikan dalam waktu 4 ( empat ) sampai 5 ( lima) tahun.
  Pendidikan Asisten/Pembantu Akuntan adalah 2 (dua) semester yang harus
  diselesaikan dalam waktu 1 (satu) tahun.
  Pendidikan Diploma III Keuangan Kurikulum Khusus adalah 2 (dua ) semester
  sampai 3 (tiga) semester yang harus diselesaikan dalam waktu 1 (satu) sampai
  1,5 (satu setengah) tahun.
Penentuan Kelulusan
Mahasiswa yang dinyatakan lulus apabila :
  Telah menyelesaikan seluruh SKS yang dipersyaratkan.
  Tidak memperoleh nilai D pada MKU dan MKK lebih dari 2 (dua ) nilai D pada
  nilai MKDK atau nilai E pada semua mata kuliah.
  Memperoleh IP kumulatif tahun akademik yang bersangkutan minimal 2,60.
  Bagi mahasiswa Diploma I; lulus karya tulis (Laporan Praktik Kerja Lapangan)
  dengan IP minimal 2,60 dan atau Praktik Kerja Lapangan dengan IP minimal 2,75.

  Bagi mahasiswa Diploma IV; lulus ujian komprehensif.
Yudisium diberikan kepada mahasiswa yang telah lulus Praktik Kerja
Lapangan/Karya Tulis dan Ujian Komprehensif (kecuali mahasiswa Program Diploma I
Keuangan).
Penggolongan yudisium:
  Lulus dengan predikat terpuji diberikan kepada mahasiswa dengan IP 3,51 sampai
  4,00
  Lulus dengan predikat sangat memuaskan diberikan kepada mahasiswa dengan IP
  3,01 sampai 3,50.
  Lulus dengan predikat memuaskan diberikan kepada mahasiswa dengan IP 2,76
  sampai dengan 3,00
  Lulus dengan predikat cukup diberikan kepada mahasiswa dengan IP 2,60 sampai
  2,75.
Gelar Bagi Lulusan Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan
Lulusan Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan dapat diusulkan untuk
diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil pada Departemen Keuangan atau
instansi Pemerintah lainnya ke dalam pangkat/golongan sesuai dengan peraturan
perundang-undangan yang berlaku. Lulusan Pendidikan Program Diploma Bidang
Keuangan berhak menggunakan sebutan profesional sebagai berikut :
  Ahli Pratama bagi lulusan Program Diploma I.
  Ahli Madya bagi lulusan Program Diploma III
  Sarjana Sains Terapan bagi lulusan Program Diploma IV.
Peraturan Disiplin Perkuliahan Mahasiswa
1. Mahasiswa diwajibkan mengikuti setiap mata kuliah yang telah ditetapkan dalam
kurikulum sekurang-kurangnya 80% dari jumlah jam efektif menurut jadwal yang
berlaku yang dibuktikan dengan menandatangani daftar hadir mahasiswa.
2. Setiap mahasiswa pria diwajibkan mengenakan kemeja lengan pendek/panjang
motif polos, biru muda, abu-abu muda atau krem, celana panjang warna gelap dan
ikat pinggang.
3. Setiap mahasiswa wanita diwajibkan mengenakan busana/blus lengan
pendek/panjang motif polos, biru muda, abu-abu muda atau krem dan rok warna
gelap.
4. Setiap mahasiswa dilarang memakai pakaian yang ketat, dari bahan jeans dan
sebagainya, berwarna mencolok/motif batik, kotak-kotak atau bergaris.
Bagi mahasiswa yang tidak mengikuti ketentuan/melakukan pelanggaran disiplin
dijatuhi hukuman disiplin oleh pejabat yang berwenang menghukum (lebih lengkap
baca Surat Edaran Direktur STAN Nomor : SE-115/BP.7/2000 tanggal 1 September
2000 ).
Instansi
Departemen Keuangan RI
Jurusan, Spesialisasi dan Program Pendidikan
Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan terdiri dari :
a. Program Diploma I Keuangan (D-I) Spesialisasi :
  Kebendaraan Negara/Anggaran :
  Pajak
  Kepabeanan dan Cukai
  Pegadaian
b. Program Diploma III Keuangan (D III) spesialisasi :
  Kebendaraan Negara/Anggaran.
  Pajak
  Kepabeanan dan Cukai
  Penilai/Pajak Bumi dan Bangunan
  Akuntansi Pemerintahan (sebelumnya Akuntansi)
  Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
c. Program Diploma IV Keuangan (D-IV) Spesialisasi Akuntansi.
d. Selain dari program di atas diadakan pula :
  Program Pendidikan Asisten/Pembantu Akuntan
Fasilitas
   
    Selama pendidikan mahasiswa tidak dipungut biaya sama sekali,
    Lulusan DI dan DIII dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di
    lingkungan Departemen Keuangan RI,
    Ruang Kuliah, Perpustakaan, Laboratorium, Masjid, Auditorium, Koperasi
    Mahasiswa, Lapangan Olah Raga, Pojok Bursa Efek Jakarta
    Uang Saku
    Poliklinik
PENERIMAAN MAHASISWA BARU 
Syarat-Syarat Pendaftaran
   
    Berijazah SMU, Madrasah Aliyah dan SMK semua Jurusan maksimal lulusan dua
    tahun sebelum waktu pendaftaran
    Nilai Rata-rata Nilai Ebtanas Murni (NEM)) tidak kurang dari 7,50 (enam koma
    lima nol)dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan. Umur pada tanggal 1
    September tahun pendaftaran tidak lebih dari 21 tahun dihitung berdasarkan
    tanggal lahir yang tercantum di dalam STTB/Ijazah.
    Tidak cacat badan dan tidak mengalami ketergantungan terhadap narkoba.
    Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
    Khusus untuk Program Diploma Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai,
    ditambahkan persyaratan sebagai berikut:
      Yang diterima hanya calon peserta pria.
      Tinggi badan minimal 165 cm.
      Tidak buta warna.
      Bagi mereka yang dinyatakan lulus ujian tertulis, harus mengikuti dan
      lulus tes kesehatan dan aerobik yang pelaksanaannya akan ditentukan dalam
      Pengumuman Hasil Ujian Saringan Masuk Program Diploma I dan III Keuangan
      tahun pendaftaran
    Menyetor biaya ujian saringan masuk. Penyetoran dapat melalui semua cabang
    Bank BNI 46 ke rekening “Bendaharawan Penerima BPPK” Nomor Rekening:
    063.008109599.001 Bank BNI 46 Cabang Senayan, atau melalui semua cabang Bank
    Mandiri ke rekening “Bendaharawan Penerima BPPK” Nomor Rekening:
    126-0002093796 Bank Mandiri Cabang Iskandarsyah. Bukti setor harus
    disahkan/divalidasi petugas bank (tidak melalui ATM, Phone Banking, Internet
    Banking, dll).
      dengan ketentuan sebagai berikut:
      Uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun.
      Biaya yang ditimbulkan akibat penyetoran uang pendaftaran ditanggung
      peserta.
      Panitia tidak menerima bukti setor kolektif.  
Prosedur Pendaftaran
Lokasi Pendaftaran
      LOKASI A L A M A T
      JAKARTAKampus STAN/Prodip Keuangan,
        Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang
      MEDANBalai Diklat Keuangan I, Gedung Keuangan Negara
        Jl. P. Dipenogoro No. 30 A Medan
      PALEMBANGBalai Diklat Keuangan II, Jl. Kolonel Atmo No. 56 Palembang
      YOGYAKARTABalai Diklat Keuangan III, Jl. Raya Solo KM 11 Purwomartani
      Kalasan
      MALANGBalai Diklat Keuangan IV, Jl. A. Yani Utara No. 200 Malang
      BALIKPAPANBalai Diklat Keuangan V, Gedung Keuangan Negara Jl. A. Yani
      No.68 Balikpapan
      MAKASSARBalai Diklat Keuangan VI, Jl. A. Yani No. 1 Makassar
      CIMAHIBalai Diklat Keuangan VII, Jl. Gado Bangkong No.3 Cimahi Bandung
      MANADOBalai Diklat Keuangan VIII, Jl. Bhatesda No. 24 Menado
      JAYAPURAKanwil XVIII Ditjen Pajak Maluku dan Papua, Jl. A Yani No. 8
      Jayapura
      SORONGKantor Pelayanan Pajak Sorong Jl. Jend Sudirman No.26 Sorong
      MATARAMKantor Pelayanan Pajak Mataram, Jl. Raya Langko No. 74 Mataram
      KUPANGKantor Pelayanan Bea dan Cukai Kupang Jl. Praja No. 2 Kupang
      BANDA ACEHKantor Pelayanan Pajak Banda Aceh Jl. T. Muhammad Daud Beureuh
      No. 20 Banda Aceh

  Pendaftaran tidak dapat diwakilkan.
  Pendaftaran dilaksanakan pada hari dan jam kerja pada pertengahan bulan Juni
  tahun pendaftaran
  Pada waktu mendaftar, peserta ujian harus menyerahkan :
    Asli bukti penyetoran uang ujian saringan masuk dari bank yang dimaksud pada
    Syarat-Syarat Pendaftaran Mengikuti Ujian Saringan Masuk nomor ke-7.
    Fotokopi Ijazah/STTB yang telah disahkan Kepala Sekolah.
    Fotokopi NEM/DANUN/STK yang telah disahkan Kepala Sekolah.
    Pasfoto berwarna terbaru ukuran 3 X 4 sebanyak 3 (tiga) lembar.
  Pilihan Program dan Jurusan:
    Calon peserta ujian harus menentukan Program Diploma I dan III dengan urutan
    prioritas.Fotokopi Ijazah/STTB yang telah disahkan Kepala Sekolah.
    Untuk masing-masing Program, calon peserta ujian dapat memilih maksimal 3
    (tiga) jurusan sesuai dengan prioritasnya (pilihan ke-1, ke-2, dan ke-3).
    Penentuan jurusan bagi calon peserta yang lulus didasarkan pada pilihan
    peserta seperti diatas. Dalam hal program dan spesialisasi yang dipilih
    sudah penuh, Panitia Penerimaan Mahasiswa akan mengalokasikan peserta yang
    lulus selebihnya ke program dan spesialisasi yang masih memerlukan.
  Materi ujian yang akan diujikan adalah tes tulis yang meliputi:
    Tes Kemampuan Umum
    Tes Bahasa Indonesia
    Tes Bahasa Inggris.
Ujian dilaksanakan pada awal bulan juli tahun pendaftaran. Waktu dan tempat
ujian akan diumumkan pada saat mendaftar di tempat pendaftaran.
Informasi Kontak:
Jl. Bintaro Utama, Bintaro Raya Sektor V, Jurangmangu, Pondok Aren, Tangerang,
Banten, 15222, Telp : (021) 7361653, 7361660
Website: http://www.bppk.depkeu.go.id


STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)
Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan
program D-IV, yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak 1958,
memanggil pemuda-pemudi Indonesia lulusan sekolah menengah umum untuk dididik
menjadi ahli statistik. STIS mengemban visi menjadi lembaga pendidikan tinggi
kedinasan yang berfungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu
pengetahuan, khususnya di bidang statistika dan komputasi statistik dengan
mendidik kader yang memiliki kemampuan akademik/profesional. Dengan demikian
lulusan STIS merupakan tenaga yang mampu merencanakan dan melaksanakan
penelitian, melakukan analisis di bidang sosial-ekonomi, serta merencanakan dan
mengembangkan sistem informasi.
Kurikulum dibuat sesuai dengan perkembangan ilmu ekonomi, kependudukan, sosial,
dan teknologi informasi. Proses dan metode pembelajaran ditekankan pada
pengembangan ketrampilan di bidang statistik dan komputasi statistik.
STIS mempunyai dua jurusan: Jurusan Statistika (ekonomi dan sosial-kependudukan)
dan Jurusan Komputasi Statistik. Jurusan statistik menghasilkan tenaga ahli
statistik ekonomi serta tenaga ahli statistik sosial-kependudukan, dan jurusan
komputasi statistik menghasilkan tenaga ahli komputasi dan sistem informasi.
Kampus STIS berada di lokasi yang asri, didukung dengan fasilitas perpustakaan,
laboratorium komputer dengan local area network dan internet, sarana olahraga,
sarana ibadah, dan mudah dijangkau dengan transportasi umum.
Seluruh pengajar adalah lulusan perguruan tinggi dalam dan luar negeri dengan
jenjang S2 dan S3.
Instansi
Badan Pusat Statistik
Jurusan dan Program Pendidikan
Program pendidikan D-IV (setara S1) dan berhak mendapat gelar Sarjana Sains
Terapan (SSt).
Jurusannya ada 2, yaitu:
Jurusan Statistik dengan 2 (dua) bidang konsentrasi:
  Statistik Ekonomi, bagi yang berminat untuk menjadi tenaga ahli statistik
  ekonomi (Economic Statisticians) yang selain mampu melaksanakan kegiatan
  statistik ekonomi juga mampu melaksanakan analisis statistik dan pelaporan di
  bidang ekonomi, seperti penyusunan statistik harga-harga, Pendapatan Domestik
  Regional Bruto (PDRB), Neraca Wilayah, Indikator Ekonomi dan lain sebagainya.
  Statistik Sosial dan Kependudukan, bagi yang berminat untuk menjadi tenaga
  ahli statistik sosial dan kependudukan yang mampu melakukan analisis dan
  pelaporan di bidang sosial, kependudukan dan demografi.
Jurusan Komputasi Statistik
  Dimaksudkan bagi peminat komputer dan sistem informasi statistik berminat
  menjadi tenaga ahli yang menguasai teknik pengolahan data, membuat program dan
  analisis data serta menguasai teknik penyusunan sebuah sistem informasi
  statistik seperti penyusunan basis data, komunikasi data, sistem jaringan dan
  diseminasi data statistik.
Fasilitas
Kegiatan perkuliahan diselenggarakan di gedung milik sendiri yang memang
dirancang untuk ketenangan dan kenyamanan belajar.Gedung perkuliahan tersebut
juga dilengakapi dengan fasilitas-fasilitas penunjang yang dibutuhkan untuk
kegiatan belajar mengajar. Selain itu untuk kegiatan kuliah umum maupun kegiatan
mahasiswa lainnya juga disediakan aula.
STIS dilengkapi pula dengan laboratorium yang didukung dengan
perangkat-perangkat komputer dan paket-paket program komputer seperti SPSS, SAS
maupun paket-paket lain yang berhubungan dengan statistika.
Komputer-komputer di laboratorium juga dilengkapi dengan koneksi internet
sehingga memungkinkan para mahasiswanya tidak tertinggal dalam dunia informasi.
STIS memiliki perpustakaan sendiri dengan jumlah dan judul buku yang cukup
banyak yaitu sekitar 2000 judul buku. Selain buku-buku publikasi BPS,
perpustakaan STIS memiliki koleksi buku-buku akademis yang menunjang dunia
pengajaran.
Buku-buku tersebut selain dibaca juga dapat dipinjam maupun di fotocopy dengan
seijin petugas perputakaan. Disamping buku-buku tersebut diatas, perpustakaan
juga menyediakan koran, majalah, kamus, ensiklopedia maupun handbook yang hanya
boleh dibaca di ruang perputakaan.
Selama menjalankan masa studinya mahasiswa dibebaskan dari biaya pendidikan.
Bahkan setiap bulannya mahasiswa baik yang berstatus ID maupun TB akan menerima
tunjangan ID maupun TB sesuai dengan peraturan yang berlaku. Mahasiswa ID yang
telah menyelesaikan studinya akan langsung diterima bekerja di BPS Pusat maupun
cabang-cabangnya di daerah dan harus menjalani masa ikatan dinas selama 2 (dua)
kali masa studi.
Penerimaan Mahasiswa Baru* )
STIS menerima mahasiswa baru ikatan dinas (ID) dan tugas belajar (TB). Setelah
lulus, mahasiswa ID akan diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) pada BPS
dengan golongan III/a (PP No. 98 Th. 2000) dan ditempatkan di BPS seluruh
Indonesia, sedangkan mahasiswa TB akan dikembalikan ke instansi yang mengirim.
Syarat Pendaftaran
   
    Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dan bebas narkoba.
    Umur tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Oktober tahun pendaftaran.
    Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan di STIS.
    Lulus SMU /Madrasah Aliyah jurusan IPA (ijazah asli ditunjukkan pada waktu
    pendaftaran).
    Nilai matematika dan bahasa inggris minimal 7 (tujuh) pada rapor
    semester/cawu terakhir kelas III.
    Tidak sedang menjalani ikatan dinas dengan instansi lain.
    Membayar biaya penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru.
    Mengisi dan mengembalikan formulir pendaftaran.
Tahapan Seleksi
  Tahap I : Tes tertulis matematika, bahasa inggris, dan pengetahuan umum.
  Tahap II : Psikotes
  Tahap III : Wawancara
  Tahap IV : Tes kesehatan, biaya ditanggung peserta tes.
Ketentuan Menjadi Mahasiswa
  Lulus semua tahapan seleksi (setiap tahapan seleksi berlaku sistem gugur)
  Menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) dengan BPS, salah satunya
  bersedia ditempatkan di BPS seluruh Indonesia.
  Mengikuti masa integrasi pendidikan kampus (Magradika).
  Mahasiswa TB di Luar BPS
  Lulus semua tahapan seleksi (setiap tahapan seleksi berlaku sistem gugur)
  Wajib mengikuti masa integrasi pendidikan kampus (Magradika)
  Membayar biaya pendidikan
  Dibebastugaskan dari pekerjaan kantor selama menjadi mahasiswa.
Prosedur Pendaftaran
Waktu dan Tempat pedaftaran
  Waktu : pertengahan Juni s/d awal Juli setiap tahunnya
  Tempat : di setiap BPS masing-masing daerah/BPS Pusat
    Jakarta : di kampus STIS, Jl. OTISTA 64 C JakTim
    Luar Jakarta: di seluruh kantor-kantor BPS Propinsi seluruh Indonesia
    (kecuali kantor BPS Propinsi DKI Jakarta)
Rute angkutan umum dari kota besar
  Dari Terminal Blok M, Jakarta Naik steady safe 921 ð turun di Asia Makmur
  (depan kampus STIS)
  Dari Bogor / Depok / Pasar Minggu Naik KRL turun di stasiun Kalibata ð naik
  M16 turun di Asia Makmur (depan kampus STIS)
  Dari Tanjung Priuk Naik steady safe 948 turun di kampung melayu ð naik M16
  turun di Asia Makmur (depan kampus STIS)
Informasi Contact
Jl. Otto Iskandardinata No. 64 C Jakarta Timur 13330
Home page: http//www.stis.ac.id
Telepon: ( 021) 8197577, 8508812, 8191437 Fax: (021) 8197577


STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)
STSN adalah PTK Lembaga Sandi Negara RI yang mneyelenggarakan 2 Program Studi
yaitu Program Studi Manajemen Persandian dan Program Studi Teknik Persandian.
Untuk program studi Teknik Persandian dibagi menjadi 2 (dua) bidang minat yaitu
Teknik Kripto dan Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi. STSN didirikan
berdasarkan surat Mendiknas Nomor 19/MPN/2002 tanggal 17 Januari 2002, dan
dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2003 tanggal 17
April 2003 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Sandi Negara.
STSN adalah satu-satunya pendidikan tinggi persandian di Indonesia yang
diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara RI. STSN merupakan peningkatan status
dari Akademi Sandi Negara (AKSARA) atau Pendidikan Ahli Madya Sandi (PAMS) dalam
rangka memenuhi kebutuhan peningkatan kualitas SDM aparatur bidang persandian
yang mampu menjawab tantangan perkembangan tekhnologi informasi dan ancaman
terhadap pengamanan informasi rahasia negara. Sedangkan pendidikan AKSARA yang
telah mengakhiri programnya pada tahun 2004, sejak berdirinya tahun 1974 telah
menghasilkanlulusan sebanyak 27 angkatan yang alumninya tersebar diberbagai
instansi pemerintah dan BUMN.
Profil
STSN sebagai perguruan Tinggi Kedinasan menghasilkan lulusan yang kemudian akan
bekerja untuk mengisi jabatan-jabatan negeri dalam bidang persandian. Lulusan
STSN dapat bekerja di Lembaga Persandian Negara Republik Indonesia atau unit
Teknis persandian yang tersebar di berbagai instansi pemerintahan dan TNI/POLRI.
Ilmu persandian merupakan multi disiplin ilmu sehingga pengembangan kemampuan
lulusan STSN dilakukan melalui pendidikan ke jenjang lebih tinggi pada disiplin
ilmu pendukungnya, misalnya matematika, komputer, elektronika, dan
telekomunikasi.
STSN merupakan pendidikan berasrama. Mahasiswa diwajibkan tinggal di asrama
selama mengikuti pendidikan dengan ketentuan wajib memenuhi peraturan kehidupan
mahasiswa dan peraturan urusan dinas dalam.
Kegiatan pendidikan meliputi bidang akademik dan bidang pengasuhan yang
diselenggarakan secara seimbang, berkesinambungan dan saling mendukung dengan
berpedoman pada tujuan pendidikan.
Pendidikan dilaksanakan dengan sistem paket dimana evaluasi pendidikan
dilaksanakan setiap semester melalui Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian akhir
Semester (UAS), dimana setiap semester digunakan system gugur.
Tahun Akademik dibagi menjadi 2 semester dimulai pada bulan September dan
berakhir pada bulan Agustus tahun berikutnya.
Mahasiswa STSN terbagi menjadi 2 macam:
  Mahasiswa ikatan dinas
    Mahasiswa yang direkrut dari lulusan Sekolah Menengah Umum/ Madrasah Aliyah
    dengan persyaratan-persyaratan tertentu.
    Memasuki tingkat II, mahasiswa ini diangkt menjadi CPNS (Calon Pegawai
    Negeri Sipil)
  Mahasiswa Tugas Belajar
    Mahasiswa yang melaksanakan tugas belajar dimana mereka berasal dari
    instansi-instansi pemerintah seperti; TNI, POLRI, aatupun lembaga pemerintah
    yang lain.
Instansi
Lembaga Sandi Negara dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen
Pendidikan Nasional
Fasilitas
  Kampus STSN terletak di Pusdiklat Bumi Senapati daerah Parung, Bogor
  Masjid
  Asrama/ barak
PENERIMAAN MAHASISWA BARU
Syarat-Syarat Pendaftaran
- Umum;
  WNI pria maupun wanita,
  Berkelakuan Baik dinyatakan dengan SKKB dari Kepolisian RI
  Berbadan sehat yang dinyatakan dengan Surat Keterangan Sehat dari Dokter
  Sanggup bekerja pada bidang persandian
  Lulus psikotes, tes akademik, wawancara dan kesehatan (bebas narkoba) yang
  diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara
- Khusus;
  Lulusan SMU jurusan IPA dengan nilai raport terakhir untuk mata pelajaran
  Matematika dan Bahasa Inggris minimal 7,00
  Pegawai/TNI/Polri dari unit teknis persandian UTP instansi pemerintah
  Memiliki ijasah Sandiman (Ahli Sandi Tk. II) dengan prestasi baik atau
  pendidikan umum serendah-rendahnya SMU Jurusan IPA dengan nilai mata pelajaran
  Matematika dalam STTB/Ijasah/transkip nilai minimal 7,00
  Dapat langsung masuk pada semester II tingkat I setelah dinyatakan lulus
  seleksi
  Untuk umum : Berusia minimal 17 tahun dan maksimal 21 tahun per September pada
  tahun pendaftaran
  Untuk pegawai/TNI/Polri dengan status tugas belajar:
  Berusia maksimal 35 tahun dan sekurang-kurangnya telah bekerja 2 tahun tanpa
  terputus, berkondite baik dan harus diusulkan oleh atasan/instansi yang
  bersangkutan
Prosedur Pendaftaran
Membawa surat lamaran yang ditulis tangan dengan dilampiri:
  fotocopy STTB/Ijasah/transkip nilai/NEM yang telah dilegalisir
  fotocopy SKKB dari Kepolisian dilampiri aslinya
  Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah/Dinas Kesehatan
  Surat pernyataan Orang tua atau Wali yang menyatakan calon belum menikah
  Pas Photo 3X4 sebanyak 3 lembar
  Membayar biaya pendaftaran
Mengikuti Ujian Saringan Masuk
  Ujian Saringan Masuk diadakan beberapa tahap dan hanya diadakan di Jakarta
  dengan Jumlah peserta dibatasi 750 orang dengan materi ujian sbb. :
    Ujian Tahap 1:
      Test Akademik, yaitu mata pelajran Matematika, B. Inggris dan Pengetahuan
      Umum.
      Test Psiko I
    Ujian Tahap 2 : Test Psiko 2/Wawancara Kebangsaan
    Ujian Tahap 3 : Test Kesehatan
    Ujian Tahap 4 : Wawancara
Menyetujui dan Menandatangani Perjanjian Ikatan Dinas sesuai peraturan yang
berlaku
Informasi Kontak
PUSDIKLAT BUMI SANAPATI
Jl. Raya Haji Usa Putat Nutug, Ciseeng, Parung, Bogor - 16330 POBox 1946,
Sawangan, Bogor 16500
Telp. (0251) 542021 -25 , Fax. (0251) 541825
Email: sanapti@indosat.net.id


STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia)
Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) adalah perguruan tinggi kedinasan di
lingkungan Departemen Perhubungan yang mempunyai tugas pokok
pelaksanaan/menyelenggarakan program pendidikan profesional di bidang
penerbangan.
Berawal dari Akademi Penerbangan Indonesia (API) yang didirikan pada tanggal 1
Juni 1952 di Gempol, Kemayoran, Jakarta. Seiring dengan perkembangan teknologi
penerbangan dan kebutuhan industri penerbangan, API beberapa kali mengalami
perubahan baik nama maupun statusnya, antara lain:
      Tahun 1954:API pindah ke Curug – Tangerang
      Tahun 1969:API berubah nama menjadi Lembaga Pendidikan Perhubungan Udara
      (LPPU) dibawah Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.
      Tahun 1978:LPPU berubah menjadi Pendidikan dan Latihan Penerbangan (PLP)
      dibawah Badan Pendidikan dan Latihan Perhubungan.
      Tahun 2000:Tepatnya tanggal 10 Maret 2000, PLP berubah menjadi Sekolah
      Tinggi Penerbangan Indonesia disingkat STPI.

Lokasi Kampus STPI terletak di dalam komplek Bandar Udara Budiarto, kecamatan
Legok, Kawedanan Curug, Kabupaten Tangerang, Propinsi Banten.
Tenaga Pengajar/ Dosen/Instruktur
Yang ahli di bidang pesawat udara, professional dan kompeten. mencetak
Penerbang, tenaga teknik penerbangan, terutama tanaga teknik pesawat udara
dengan AMTO dikeluarkan Dirjen Hub Ud, serta tenaga-tenaga ahli bidang
keselamatan penerbangan lainnya.
Kerjasama Dalam dan Luar Negeri Diantaranya:
TNI-AD, TNI-AL, TNI-AU, Kepolisian RI, PT. Angkasa Pura I dan II, S.G.C Saga
Aviation CO.LTD Jepang , Avmark inc, SCSI (Southern California Safety
Institute), AMS (Aviation Management System), SAS Flight Akademi, Netherland
Aviation Academy.
 Prospek Lulusan
Lulusan dari diklat penerbangan Curug (STPI) tersebar di instansi pemerintah,
BUMN, perusahaan penerbangan dalam dan luar negeri, maupun perusahaan non
penerbangan di Indonesia.
INSTANSI
Departemen Perhubungan
PROGRAM PENDIDIKAN
Jurusan yang diselenggarakan di STPI terdiri atas dua kelompok utama, yaitu
Pendidikan dan Latihan Awal (Diklat Awal dengan jenjang Diploma) dan Pendidikan
dan Latihan Khusus (Keahlian dengan Sertifikat).
Diklat awal (Diploma) dilaksanakan berdasarkan satuan kredit semester mulai satu
tahun sampai dengan empat tahun, sedangkan diklat khusus (Non Diploma) mulai
dari beberapa hari sampai beberapa minggu atau bulan, antara lain :
Diklat Awal
      No. JURUSAN/PROGRAM STUDI JENJANG PERSYARATAN
      1.Penerbang
       a. Penerbang Sayap TetapD II, D III, D IVSMU A1,A2/IPA/MAI
       A2, A3, STM Listrik/Mesin/
       Elektronika, SMT Penerbangan
       b. Penerbang Sayap PutarD II, D IIIs.d.a
       c. Operasi Pesawat UdaraD IIISLTA atau yang sederajat
      
      2.Teknik Penerbangan
       a. Teknik Pesawat UdaraD II, D III, D IVSMU A1,A2/IPA/MAI
       A2, A3, STM Listrik/Mesin/
       Elektronika, SMT Penerbangan
       b. Teknik Telekomunikasi & NavigasiD I, D II, D III, D IVs.d.a
       Udara
       c. Teknik Listrik Bandar UdaraD I, D II, D III, D IVSMU A1,A2/IPA/MAI
       A2, A3, STM Listrik/Mesin
       SMT Penerbangan
       d. Teknik Mekanikal Bandar UdaraD II, D IIIs.d.a
       e. Teknik Bangunan dan LandasanD II, D IIIs.d.a dan SMK Bangunan
      
      3.Keselamatan Penerbangan
       a. Pemandu Lalu Lintas UdaraD II, D III, D IVSMU A1,A2/IPA/MAI
       A2, A3
       b. Penerangan AeronautikaD II, D IIISLTA atau yang sederajat
       c. Komunikasi PenerbanganD IIs.d.a
       d. Pertolongan Kecelakaan PenerbanganD II, D IIIs.d.a
      
      4.Manajemen Penerbangan
       a. Administrasi Perhubungan UdaraD IIISLTA atau yang sederajat
       b. Operasi Bandar UdaraD IIIs.d.a
       c. Angkutan Udara NiagaD IIIs.d.a
       

Program Diklat Non Diploma 
      1.APPU (Ahli Perawatan Pesawat Udara)8.Penerbangan
      2.KDT (Kursus Dasar Teknik)9.PANS-OP
      3.BATK (Basic Aviation Technical Knowledge)10.D-VOR/ILS
      4.FOO ( Flight Operation Officer)11.Digital
      5.Advanced Fire Fighting12.Sheet Metal
      6.Aerodrome Radar Tehnique13.Aviation Security
      7.Administrasi dan Kesekretariatan14.dan lain-lain.

Diklat Khusus
Penerbang  
  Commercial Pilot License 12 – 18 bulan
  Airline Transport Pilot License (ATPL) Ground 3 bulan
  Matrikulasi (untuk penerbang lulusan L/N) 1 – 3 bulan
  Flight Instructor 3 bulan
  Flight Operation Officer 3 bulan      
Teknik Penerbangan  
  Ahli Perawatan Pesawat Udara 2 – 3 bulan
  Airframe & Power plant 2 – 3 bulan
  Basic Aircraft Mechanics 3 bulan
  Basic Aviation Technical Knowledge 3 bulan
  Sheet Metal 3 bulan
  Digital Technique 3 bulan
  Radar Technique 3 bulan
  DVOR/ILS 3 bulan
  Programmable Logic Control 1 bulan
  Microcontroller 1 bulan
  Air Conditioning System 1 bulan
  Diesel & Petrol Engine 1 bulan
  Instalasi Listrik 2 minggu
Keselamatan Lalu Lintas Udara  
  ATC Radar 3 bulan
  ATC Automation 3 bulan
  PANS – OPS 3 bulan
  Company Aviation Information Service 4 minggu
  Briefing Practice 3 bulan
  Basic Fire Fighting 3 bulan
  Advance Fire Fighting 3 bulan
  Type Rating (driving) 3 minggu
Manajemen Penerbangan  
  Administrasi dan Kesekretariatan 5 minggu
  Komputer 1 bulan
Lain-lain  
  Jungle and Sea Survival 1 minggu     
FASILITAS PENDIDIKAN
  Gedung Perkantoran Utama,
  Laboratorium : Bahasa, Komputer dan Radio Telephone
  Asrama (kapasitas 1117 taruna)
  Perpustakaan, Rumah Sakit,
  Pesawat bermesin tunggal (49 buah)
  Fasilitas Olah raga
  Masjid,
Fasilitas Pelatihan:
Pesawat Latih single engine 36 buah, terdiri Sundowner C-23; 11 buah, Piper PA
-28-236 Dakota; 8 buah, Socata TB-10; 17 buah, Pesawat latih multi engine
Beechcraft Baron B-58; 3 buah, Helicopter Bell 206; 1 buah, FTD Simulator; 6
buah, ATC Simulator & Laboratorium; 3 buah, Asrama, Poliklinik, Fasilitas Olah
Raga, Perpustakaan, Bandar Udara, dll.
Fasilitas Perkuliahan
  Dosen & Instruktur yang berpengalaman
  Bimbingan oleh dosen
  Peralatan multimedia lengkap
  Laboratorium
  Sistem SKS paket
Fasilitas Pendukung
  Ruang Kuliah full AC
  Asrama yang bersih dan  full AC
  Perpustakaan
  Ruang makan
  Sarana olah raga
  Sarana Ibadah
  Auditorium
Fasilitas Umum :
      No.FASILITASKAPASITAS
      1.Asrama :
       - Curug 1880 orang
       - Curug 2192 orang
       - Radar12 orang
       - BATK10 orang
       - Wisma/Mess48 kamar
      2.Olah Raga :
       - Bola Volley2 lapangan
       - Bola Basket1 lapangan
       - Sepak Bola1 lapangan
       - Tenis Lapangan2 lapangan
       - Kolam Renang1 kolam (Ukuran Olympic)
      3.Ibadah :
       - Masjid500 orang
       - Gereja50 orang
      4.Laboratorium Bahasa40 orang
      5.Perpustakaan40 orang
      6.Ruang makan600 orang
      7.Rumah Sakit40 orang
      8.Hanggar Pesawat (I s/d IV)60 Pesawat
      9.Bus8 buah
      10.Gedung Serba Guna1000 orang

PENERIMAAN MAHASISWA BARU
Dengan ini disampaikan, bahwa cukup banyak permintaan tentang informasi
pendaftaran Calon Taruna dan beberapa pertanyaan dari berbagai SMU/SMK dan
Yayasan Sekolah maupun Perorangan terkait dengan kegiatan proses pembelajaran di
Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia. Menjawab hal tersebut di atas agar kiranya
bersabar untuk mendapatkan informasi balik, hal tersebut tidak dan bukan kani
sengaja, selanjutnya akan kami usahakan untuk memenuhi permintaan secara
bertahap.
Format Jawaban :
A. Syarat masuk calon Taruna Diklat Awal
  1.      Berumur tidak lebih dari 23 tahun
  2.      Tinggi badan minimum Non penerbang : pria 163 cm Wanita 155 cm dan
  jurusan Penerbang : Pria 165 cm, Wanita 160 cm.
  3.      Sehat jasmani/rohani dan tidak buta warna
  4.      Bukti pembayaran uang pendaftaran
  5.      Membawa foto copy STTB 1 lembar
  6.      Foto copy Daftar NEM/STK 1 lembar
  7.      Foto copy Akte Kelahiran 1 lembar
  8.      Foto copy surat keterangan belum menikah dari Kelurahan 1 lembar
  9.      Pas foto hitam putih ukuran 4 x 6 cm banyak 2 lembar
B. Program Studi yang dibuka
  1.      Penerbang Diploma II
  2.      Operasi Bandar Udara Diploma III
  3.      Penilik Penerangan Aeronautika Diploma III
C. PERSYARATAN ADMINISTRASI :
  1.      Usia maksimum 23 tahun pada bulan September tahun pendaftaran khusus
  untuk DTPN I maksimum 26 tahun.
  2.      Jenis Kelamin : Pria / Wanita.
  3.      Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama masa pendidikan
  dibuktikan dengan Surat Pernyataan.
  4.      Tinggi badan minimal Pria 163 Cm dan Wanita 155 Cm Kecuali untuk PIP
  Makassar tinggi badan minimal Pria 160 Cm dan Wanita 150 Cm dan Jurusan
  Penerbang Pria 165 Cm dan Wanita 160 Cm.
  5.      Membawa Pas Photo terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar hitam putih
  dan foto copy STTB, STK/NEM, Akte Kelahiran, Surat keterangan belum menikah
  dari kelurahan.
  6.      Bagi lulusan sebelum tahun 2003, NEM untuk Matematika dan Bhs Inggris
  masing-masing minimal 3,0 (tiga koma nol).
  7.      Bagi yang masih duduk dikelas III, dengan membawa Surat Keterangan
  dari Kepala Sekolah.
  8.      Membawa bukti pembayaran uang pendaftaran yang telah disetorkan ke
  rekening Badan Diklat Perhubungan No. 070009911402001 BNI-1946/Cabang Harmoni
  Jakarta atau bukti/resi Pos Wesel yang ditujukan ke Badan Diklat Perhubungan
  Jalan Merdeka Timur No. 5 Jakarta 10110
D. TATA CARA PENDAFTARAN :
  1. Peserta datang langsung ke lokasi Pendaftaran dan mengisi formulir
  pendaftaran yang telah disediakan
  2. Lokasi Pendaftaran dan tempat tes sebagai berikut :
a. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Diklat Perhubungan :
  1) STTD Bekasi - Jln. Raya setu, Cibitung, Bekasi, PO BOX 153 Tlp. 021.8254640

  2) STIP Jakarta - Jln. Marunda Raya Jakarta Utara. Tlp. 021.44834345
  3) PIP Semarang - Jln. Singosari No. 2.A Semarang 50242. Tlp. 024.8311527-28
  4) PIP Makasar - Jln Tentara Pelajar No. 173 Makasar 90172. Tlp. 0411.314744,
  316975
  5) STPI Curug - Komplek STPI Curug, PO BOX 509 Tangerang 15001.T1p.
  021.5982204
  6) AMG Jakarta - Jln. Perhubungan No. I Pd. Betung Bintaro Jak-Sel. Tlp.
  021.73691623.
  7) ATKP Medan - Jln. Penerbangan Selayang, Padang Bulan KM. 8,5 Medan.
  T1p.0361.8360675
   BPL Penerbangan Palembang - Jln. Adi Sucipto, Talang Betutu, Palembang 30155.
  Tlp. 0711.410930
  9) ATKP Surabaya - Jln. Jemur Handayani I/73 Wonocolo Surabaya Tlp.
  031.8410871
  10) BPL Penerbangan Jayapura - Jin. Kayu batu No. 6 Jayapura 99117 PO BOX
  1324. Tlp. 0967.541049
  11) BPP Transportasi Darat Bali - Jln. Batu Yang No. 109 X Batu Bulan Gianyar
  Bali Tlp./Fax 0361.295340.
b. Dinas Perhubungan :
  12) Dinas Perhubungan Prop. Sumatera Barat Jln. Raden Saleh No. 12 Padang.
  Tlp. 0751.40331, 40340
  13) Dinas Perhubungan Prop. Nusa Tenggara Timur Jln. Palapa No. 17 Kupang.
  Tlp. 0380.833691, 831321
  14) Dinas Perhubungan Prop. Kalimantan Barat Jln. Adi Sucipto Km 9,2
  Pontianak. Tlp. 0561.722913, 721466
  15) Dinas Perhubungan Prop. Kalimantan Selatan Jln. RE Martadinata No.6
  Banjarmasin Tlp. 0511.53488
  16) Dinas Perhubungan Prop. Riau Jln. Sudirman No. 474 Riau Tlp. 0761.33992.
E. JENIS DAN TAHAP SELEKSI :
  1.      Seleksi Administrasi meliputi kelengkapan persyaratan administrasi.
  2.      Seleksi Akademik meliputi Matematika, Bahasa Inggris serta Tes
  Potensi.
  3.      Seleksi Kesehatan oleh Dokter/Rumah Sakit Umum yang direkomendasikan
  oleh Dep.Kes/Poliklinik UPT Diklat berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

  4.     Seleksi wawancara.
  5.      UPT akan melaksanakan tes kesehatan ulang.
  6.      UPT dapat melaksanakan Psikotes bagi mereka yang diterima.
  7.      Khusus Jurusan Penerbang diadakan tes kesehatan Penerbang dan tes
  bakat terbang dengan jadwal tersendiri.
  8.      Kelulusan ditentukan sesuai pentahapan seleksi.
Untuk informasi lebih lanjut harap menghubungi : Penerimaan Taruna STPI Telpon
(021) 598 2204 / 05 Ext. 527
RUTE ANGKUTAN UMUM DARI KOTA BESAR
  Dari Bitung Naik angkutan kota [Elf warna hijau], turun di depan Kampus STPI
  atau Bandar Udara Budiarto
  Dari Jakarta Terminal Senen naik jurusan Cimone/Tangerang, turun di Cikokol,
  Setelah itu naik bus ¾ [Bulan Jaya], turun di Bitung, Dari Bitung, naik
  angkutan kota [Elf warna hijau], turun di depan Kampus STPI atau Bandar Udara
  Budiarto.
INFORMASI CONTACT
PO . BOX 509 Tangreang, Banten 15001, Telp:(021) 5982204, Fax: (021) 5982234
Website: www.stpicurug.ac.id, Email : stpi@stpicurug.ac.id


STP (Sekolah Tinggi Perikanan)
Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta merupakan perguruan tinggi dalam bidang
perikanan dan berada di bawah pembinaan Departemen Kelautan dan Perikanan. STP
merupakan pengembangan dari Akademi Usaha Perikanan (AUP) yang didirikan di
Jakarta pada tanggal 7 September 1962. kampus Utama berada di Pasar Minggu,
Jakarta Selatan, sekitar 30 km selatan garis pantai Teluk Jakarta.
Pada mulanya STP hanya menawarkan satu program studi. Hingga tahun 1975, STP
Jakarta menyelenggarakan tiga program studi. Pembukaan program baru dirancang
dalam rangka mendukung program pembangunan pemerintah. Saat ini, STP
menyelenggarakan lima program studi.
Sejak tahun 1984, Departemen Pendidikan Nasional mengarahkan STP Jakarta untuk
menyelenggarakan Program Diploma III, dan mulai tahun 1986 juga menyelenggarakan
Program Diploma IV.
Seiring dengan pembukaan program baru, STP Jakarta telah mengembangkan fasilitas
laboratorium lapangan di daerah pesisir di sekitar Banten, Jawa Barat, yaitu
Stasiun Pelatihan Pantai Serang. Dalam hal ini, keberadaan lembaga ini harus
dianggap sebagai titik tolak STP untuk berkembang lebih besar dan lebih kuat.
Stasiun Pelatihan Pantai Serang merupakan fasilitas pelatihan lapangan yang
dirancang untuk menghasilkan dan menyiapkan lulusan yang siap memasuki pasar
tenaga kerja.
Sistem Pendidikan
  Sistem Kredit Semester
  Disiplin fisik dan mental ditepkan dalam Sistem Semi Militer
  Diploma IV diselesaikan dalam waktu empat tahun
  Kegiatan perkuliahan diselenggarakan dalam tiga metode:
    praktek laboratorium
    praktek lapangan
    praktek kerja lapangan
  Penulisan skripsi sebagai tugas akhirdiwajibkan
  Evaluasi:
    test tengah semester
    test akhir semester
    test akhir/komprehensif
Instansi
Departemen Kelautan dan Sumber Daya Perikanan
Jurusan dan Program Pendidikan
  Teknologi Penangkapan Ikan
Program studi ini menawarkan pengetahuan dan keahlian tentang Ilmu Penangkapan
Ikan dan Sistem Navigasi Kelautan. Lulusan program studi ini memiliki kemampuan,
keterampilan dan sertifikat untuk menyelenggarakan berbagai macam bidang
perikanan. Program studi ini dikhususkan bagi laki-laki dan tidak berkacamata.
  Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan
Program studi ini menawarkan pengetahuan dan keahlian tentang penanganan dan
pengawetan ikan, pengolahan ikan, sistem pendingin, dan pengendalian mutu.
Lulusan program studi ini memiliki kemampuan, keterampilan dan sertifikat untuk
menyelenggarakan unit pengolahan ikan atau bertindak sebagai petugas pengendali
mutu.
  Permesinan Perikanan
Program studi ini menawarkan pengetahuan dan keterampilan mengenai pengelolaan
Ruang Mesin dan pengoperasian dan pemeliharaan Mesin Kapal termasuk Mesin Utama,
Mesin Cadangan, Mesin Penagkap Ikan, Pembangkit Listrik, ruang pendingin, dan
kelistrikan. Lulusan dari program studi ini memiliki kemampuan, ketermapilan dan
sertifikat untuk mengelola Ruang Mesin dan menjadi Teknisi di atas kapal
berkekuatan hingga 3000 DK.
  Teknologi Akuakultur
Program studi ini menawarkan pengetahuan dan keahlian mengenai sistem budidaya
perairan, sistem pembenihan, dan sistem budidaya laut. Lulusan program studi ini
memiliki kemampuan daam keterampilan untuk mengelola kolam budidaya perairan,
unit perbenihan atau budidaya laut.
  Teknologi Sumberdaya Perairan
Program studi ini menawarkan pengetahuan dan keahlian dalam pemanfaatan stok
ikan sebagai sumberdaya perairan, stock assessment, dan populasi dinamis atau
penanganan polusi perairan. Lulusan program studi ini memiliki kemampuan dan
keterampilan untuk menganalisis pengaruh dari penangkapan ikan, menganalisis
pengaruh dari kegiatan penangkapan ikan terhadap populasi dan kepunahan ikan,
dan pencemaran air.
Fasilitas
  Tidak dipungut biaya kuliah/SPP
  Harus bersedia tinggal di asrama atau barak
  Fasilitas olahraga lengkap
  Makan sesuai dengan anggaran pemerintah
  Setelah lulus tersedia lapangan pekerjaan, baik di dalam maupun di luar neger
Penerimaan Mahasiswa Baru* )
Departemen Kelautan dan Perikanan memberikan kesempatan kepada putra-putri
Indonesia untuk dididik sebagai kader-kader pembangunan perikanan dan kelautan
di Sekolah Tinggi Perikanan (STP) dalam Program Studi : Teknologi Penangkapan
Ikan (TPI)*), Permesinan Perikanan (MP)*), Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan
(TPH), Teknologi Akuakultur (TAK), dan Teknologi Pengelolaan Sumberdaya Perairan
(TPS), dengan ketemtuan sebagai berikut :
Syarat Pendaftaran
Calon dari Umum :
  Berijazah SMU/MAN IPA/IPS, SMK (Bidang/Program Studi Perikanan, Maritim*),
  Mesin Otomotif*), Industri*), Listrik*)).
  Umur pada 31 Agustus tahun pendaftaran tidak lebih 22 tahun.
  Belum pernah menikah.
  Berbadan sehat, tidak buta warna dan khusus Program Studi TPI dan MP tidak
  berkaca mata.
  Berkelakuan baik.
  Tinggi/berat badan minimum : Putra 163 cm/53 kg, Putri 153 cm/43 kg.
  Lulus ujian seleksi penerimaan.
Calon dari PNS :
  Berijazah SMU/MAN IPA/IPS, SMK (Bidang/Program Studi Perikanan, Maritim*),
  Mesin Otomotif*), Industri*), Listrik*)).
  Umur pada 31 Agustus tahun pendaftaran tidak lebih 27 tahun.
  Berbadan sehat, tidak buta warna dan khusus Program Studi TPI dan MP tidak
  berkaca mata.
  Tinggi/berat badan minimum : Putra 163 cm/53 kg, Putri 153 cm/43 kg.
  Masa kerja sebagai PNS minimum 2 tahun.
  Mendapat ijin dari Pimpinan Instansi/Unit Kerja dan memiliki DP3 dengan nilai
  rata-rata baik.
  Tidak hamil (bagi putri) selama mengikuti pendidikan.
  Lulus ujian seleksi penerimaan.
Tahapan Seleksi
  Tahap II : Tes tertulis program matrikulasi.
Ketentuan Menjadi Mahasiswa
Dibebastugaskan dari pekerjaan kantor selama menjadi mahasiswa.
Prosedur Pendaftaran
  Untuk Umum :
    Mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan :
    Foto copy ijasah/STTB/Surat Tanda Lulus yang disahkan
    oleh Kepala Sekolah.
    Dua lembar pas foto terbaru ukuran 4 x 6 cm.
    Foto copy Surat Keterangan Kelakuan Baik dari
    Kepolisian (dengan menunjukkan aslinya).
    Foto copy Surat Keterangan Belum Menikah dari Kepala
    Desa/Lurah (dengan menunjukkan aslinya).
  Untuk PNS :
    Mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan :
    Foto copy ijasah/STTB/Surat Tanda Lulus yang disahkan oleh Kepala Sekolah.
    Dua lembar pas foto terbaru ukuran 4 x 6 am.
    Foto copy Surat Keterangan Kelakuan Baik dari
    Kepolisian (dengan menunjukkan aslinya).
    Surat ijin belajar dari pimpinan instansi/unit kerja
    Foto copy DP3 terakhir.
Biaya
Membayar biaya pendaftaran dan penyelenggaraan seleksi disetor dan atau
ditransfer ke Rekening Nomor 127-0004012892 atas nama PAPENTARU-STP, pada Bank
MANDIRI Cabang Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan dan bukti setor atau
transfer dilampirkan pada saat pendaftaran.
Tempat dan Waktu Pendaftaran
Pendaftaran dapat dilakukan di :
PUSAT :
  Jakarta : Kampus STP, Jl. AUP, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
    Waktu Pendaftaran : Tanggal juni s/d Juli tahun pendaftaran  
RAYON :
  Bengkalis : Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis, Jl. Lembaga No. 4, Bengkalis
  Kendari : Dinas Kelautan dan Perikanan, Provinsi Sulawesi Tenggara, Jl. Balai
  Kota No. 4, Kendari
  Jayapura : Dinas Perikanan dan Kelautan, Provinsi Papua, Jl. Sulawesi No. 6-8
  Dok VII, Jayapura
  Merauke : Dinas Perikanan Kabupaten Merauke, Jl. Perikanan Kelapa 5, Merauke
  Mataram : Dinas Perikanan dan Kelautan , Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jl.
  Udayana No. 3 , Mataram
  Jambi : Dinas Kelautan dan Perikanan, Provinsi Jambi, Jl. M.T. Haryono No. 9,
  Jambi 36134
  Palembang : Dinas Kelautan dan Perikanan , Provinsi Sumatera Selatan, Jl.
  Kapten A. Rivai, 669/II, Palembang
  Palu : Dinas Perikanan dan Kelautan, Provinsi Sulawesi Tengah, Jl. Undate No.
  07, Palu 94111
  Nunukan : Sekretariat Daerah Pemerintahan Kabupaten Nunukan, Jl. Pangeran
  Antasari No. 88, Nunukan 77182
  Bengkulu Utara : Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bengkulu Utara, Jl.
  Jend. Sudirman No. 52, Bengkulu Utara
  Pangkal Pinang : Dinas Perikanan dan Kelautan, Provinsi Kepulauan Bangka
  Belitung, Jl. Air Selan Babek I No. 232 Pangkal Pinang
  Gorontalo : Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Gorontalo, Jl. Ki Hajar
  Dewantoro No. 50, Gorontalo
  Banjarbaru : Dinas Kelautan dan Perikanan, Provinsi Kalimantan Selatan, Jl.
  Jend. Sudirman No. 9, Banjarbaru
  Ambon : Dinas Perikanan dan Kelautan, Provinsi Maluku, Jl. Nn. Saar Sopacua
  No. 16, Ambon
  Nanggroe Aceh Darussalam : Dinas Kelautan dan Perikanan, Provinsi Nanggroe
  Aceh Darussalam, Jl. Tgk. Malem No. 7, Banda Aceh
Waktu pendaftaran : Mei s/d Juni tahun pendaftaran
Waktu dan Tempat Ujian Seleksi :
Ujian Seleksi di Rayon dilaksanakan pada bulan Juni tahun pendaftaran di
masing-masing tempat pendaftaran. Ujian Seleksi di Pusat/Jakarta dilaksanakan
pada bulan Juli tahun pendaftaran di Kampus STP Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Keterangan Lain-lain :
Selama ujian seleksi tidak disediakan pemondokan.
Semua persyaratan yang telah masuk menjadi milik panitia.
Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.
Selama masa pendidikan bersedia :
  Tinggal di asrama tanpa dipungut biaya,
  Mematuhi peraturanSTP, dan
  idak menikah atau hamil *) Khusus Putra
Rute angkutan umum dari kota besar
Dari teminal manapun di Jakarta naik Angkot ke terminal Pasar Minggu.lalu naik
angkot S.05 ke STP.(naik ojek langsung diantarkan)
Informasi Contact
Jl. AUP, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520
Telp. (021) 7813915



STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran)
Negara Republik Indonesia merupakan salah satu negara marititm terbesar dengan
jumlah pulau-pulau sebanyak 17.508 yang terbesar memanjang sekitar garis
katulistiwa, memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan dan
pembangunan dibidang maritim sangatlah penting dan perlu. Kampus AIP/PLAP/STIP
adalah salah satu media terbaik untuk pelaksanaan hal diatas.
Dididrikan 1957 dan diresmikan oleh Ir.Soekarno dengan nama AIP (Akademi Ilmu
Pelayaran) di Jl.Gunung Sahari, ancol. Berjenjang pendidikan selama 3 tahun dan
berubah menjadi PLAP (pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran) tahun 1979. Lalu
setelah pindah dan dipengaruhi menjad lebih modern dan dilengkapi dengan Ship
Analytic-Agum Gumlear Saefarer Training Center di Marunda, Tanjung Priok,
AIP/PLAP berubah menjadi STIP (Sekolah Tinggi Ilmu pelayaran) tahun 2000 hingga
sekarang.
Program Pendidikan
Melaksanakan 4 target yaitu menjadi Taruna/I :
   
    Profesional dalam keahlian sebagai pelaut.
    Mampu dan menguasai Bahasa Inggris.
    Menjadi contoh dalam berrilaku.
    Mengetahui perkembangan technologi mutahir.
Sistem pendidikan
Diploma IV
  Semester 1-4 (24 bulan / 2 tahun)
    Berada dalam Dormitory (asrama)
    Praktek dan Teori
    Ujian Negara dan DPKP
    Pembinaan Sifat dan Tingkah Laku
    Extra Kurikulaer :
      Kursus Bahasa Inggri Intensive dan Native Speaker
      Pengadaan Presentasi dan pengujian dari Instruktur
      Olah Raga dan Latihan Militer
      Kunjungan
  Semester 5-6 (12 bulan / 1 Tahun)
    1 tahun Praktek Kerja Nyata di luar
    Pelaksanaan keahlian di laut dan Pelabuhan
    Penugasan dalam Cadet Record Book
    Pengecekan dan pengujian CRB
  Semester 7-8 (12Bulan / 1 Tahun)
    Diluar Dormitory
    Praktek dan Teori
    Ujian dan DPKP
    Pembinaan Sifat dan Tingkah Laku
    Pengujian Akhir program D-IV (praktek dan teori)
      Persiapan Skripsi
      Pengujian Skripsi daalm Yudisium
Waktu Studi
4 tahun atau 8 semester dan pada tahun ketiga dilaksanakan Praktek yaitu PROLA
(proyek Laut) dan PRODA (Proyek Darat) selama 1 Tahun.
Penentuan Kelulusan
  IP Tiap Semester
  Nilai TOEFL
  Kondite dan Kedisiplinan Taruna/I
Instansi/Departemen yang Menaungi
BADAN PENDIDIKAN DAN LATIHAN PERHUBUNGAN
Jurusan/Spesialisasi dan Program Pendidikan
Reguler Course
  Nautica
    Diploma IV Certificate
    3 rd Class Certificate
    2 nd Class Certificate
  Marine Engineering
    Diploma IV Certificate
    3 rd Class Certificate
    2 nd Class Certificate
  Port and Shipping Management
    Diploma IV Certificate
Short Course
  Basic Safety Training
  Advance Fire Fighting
  Survival Craft and Resque Baot
  Medical Fisrt Aid
  Medical Care
  Tanker Familiarization
  Oil Tanker Training
  Leqiufied Gas Tanker
  RADAR & ARPA
  GMDSS
Fasilitas
  Recraetion Hall
  Class with AC and CCTV
  Auditorium
  Dormitory
  Religion Place
  Sport Hall
  Tenis Hall
  Swimming Pool
  Foodball Field]
  Libary
  Dinning Room
  Lab. Bangunan Kapal
  Lab. Menjangka Peta
  Lab. Bridge Simulator
  Lab. Radar Alpa
  Lab. English Language
  Lab.Computer
  Lab. Engine simulator
  Lab. GMDSS
  Lab. Bengkel
  Lab. Mesin Bubut.
  Lab. Fisika
  Lab. Bahasa
  Lab. CBT Simulator
  Lab. Navigation Aid
  Ship Analyic
Penerimaan Mahasiswa Baru
Syarat-syarat Pedaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru
  Persyaratan.
    STTB
    NEM/STK
    Keterangan bulum menukah (dari kelurahan setempat)
    Surat keterangan dokter
    SKKB (dari kepolisian)
    Pas foto hitam putih b ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar
    Bukti pambayaran dari Bank
    Akte kelahiran (umur maksimal 23 tahun/pada bulan September 2005
  Persipan Administrasi calon taruna sitp
    Fotcopy NEM dilegalisir dengan nilai NEM minimal 3,00 untuk mata pelajaran
    Bahasa Inggris, Fisika dan Matematika
    Usia Maksimum 23 tahun pada bulan september 2005
    Jenis kelamin : pria / wanita
    Belum menikah dan sanggup untuk tidak menikah selama masa pendididkan
    dibuktikan dengan surat pernyataan
    Surat keterangan Dokter yang menyataka sehat jasmani dan rohani serta bebas
    narkoba
    Tinggi badan minimal pria163 cm dan wanita 155 cm
    Membawa pas foto ukuran 4×6 sebanyak 4 (empat lembar) lembar hitam putih
    Membawa bukti pembayaran uang pendaftaran sebesar Rp. 50.000,- yang
    disetorkan kerekening badan perhubungan no. rek 070.0099.1140.2001 BNI 46
    cabang hamoni jakarta atatu bukt pos wesel yng ditujukan ke badan diklat
    perhubungan Jl.Merdeka Timur Jakarta 10110.
  Jenis dan Tahap seleksi
    Seleksi administrasi meliputi kelengkapan persyaratan administrasi
    Seleksi akademik maliputi: matematika, bahasa ingris dan fisika
    Seleksi kesehatan oleh dokter / rumah sakit umum yang direkomendasikan oleh
    Dep. Kes / Poliklinik UPT diklat berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan
    Seleksi wawancara
    UPT akan melaksanakan tes kesehatan ulang
    Bagi mereka yang diterima diwajibkan mengikuti psikoes di masing-masing UPT
    Kululusan ditentukan sesuai pentahapanseleksi
    Prosedur Pendaftaran
    Waktu
Rute Jalan

  Dari Jakarta Terminal Senen naik MM 24/PPd 60 jurusan TG Priok-Sambung
  Metromini 23 jurusan Cilincing=>sambung KWK 05 turun STIP Marunda.
  Dari Pulo Gadung Naik jurunsan Bekasi turun jalan baru Cakung naik KWK 01
  jurusan Tg. Priok=>Sambung MM 23 turun Cilincing=> sambung KWK 05 turun STIP
  Marunda.
  Dari Bekasi Naik dari Terminal Bekasi turun Paku=>sambung K 5 A turun di Ps.
  Bujong=>sambung K 51 sampai pangkalan KWK 05=>naik KWK 05 turun STIP marunda.
Informasi Contact
Jl. Mareunda Makmur, Cilincing, Jakarta Utara 14150
Telp. (021) 44834345, (021) 8891618 (hunting) Fax. (021) 44834345
Homepage : http://www.stipjakarta.ac.id E-mail:stip@cbn.net.id



POLTEK-GT (POLITEKNIK GAJAH TUNGGAL)
Ilmu Pengetahuan dan teknologi harus ditingkatkan dalam menjawab tantangan
dimasa depan. Kemajuan di bidang industri harus diimbangi dengan sumber daya
manusia yang terampil dan terdidik.
Dalam usaha pemenuhan kebutuhan tenaga tersebut, Gajah Tunggal Grup perlu
mendirikan lembaga pendidikan di bidang industri, yang nantinya akan disalurkan
untuk memenuhi kebutuhan sendiri, dalam hal ini kebutuhan perusahaan-perusahaan
di lingkungan Gajah Tunggal Grup. Dari pemikiran tersebut, akhirnya pada tanggal
7 April 1981 diresmikan suatu lembaga pendidikan dengan nama PATIGAT (Pendidikan
Ahli Teknik Industri Gajah Tunggal) oleh Bapak Menteri Perindustrian Ir. AR.
Soehoed dan Bapak Menteri Tenaga Kerja Transmigrasi dan Koperasi Prof. Drs.
Harun Zein di Gresik, Jawa Timur dan pada tanggal 14 September 1981 PATIGAT
resmi dibuka dan dimulai kegiatan akademiknya.
Dalam perkembangannya, PATIGAT yang mempunyai gedung berskala workshop, pada
tanggal 26 Juli 1986 diresmikanlah perluasan area dan sarana oleh Menteri Tenaga
Kerja Sudomo dan pada bulan Mei 1993 PATIGAT kembali melengkapi sarana dan
prasarana dengan menambah sebuah gedung yang fungsinya sebagai laboratorium,
ruang kuliah, ruang seminar, show room, ruang pertemuan dan ruang kepala
PATIGAT.
Tahun Akademik pertama (1981) PATIGAT membuka satu jurusan yaitu jurusan Teknik
Industri yang meliputi bidang mesin dan listrik. Beberapa tahun kemudian PATIGAT
membuka jurusan Kimia. Pada tahun 1989 sampai tahun 1991 PATIGAT membuka hanya
satu jurusan yaitu jurusan Teknik Industri.
Karena kebutuhan tenaga terampil di perusahaan-perusahaan di lingkungan Gajah
Tunggal Grup meningkat serta perlunya spesifikasi kerja sesuai di bidangnya,
maka mulai tahun 1992 PATIGAT membuka tiga jurusan yaitu Teknik Mesin, Teknik
Elektro, Teknik Kimia. Mulai saat itu, pada tanggal 6 Oktober 1992
ditandatangani kerjasama dengan ITB Bandung dalam membuka jalan untuk akreditasi
dari Depdikbud menjadi Politeknik Gajah Tunggal. Selanjutnya pada tanggal 6
Januari 1994 ditandatangani kerjasama antara Pusbangdik Politeknik dengan
PATIGAT, kerjasama ini mengacu pada pendirian Politeknik Gajah Tunggal.
Adapun jurusan yang ada sekarang adalah :
  Jurusan Teknik Elektro
  Jurusan Teknik Informatika
  Jurusan Teknik Mesin
  Jurusan Teknik Kimia
Melalui SK Mendikbud No.085/0/1995 Politeknik Gajah Tunggal memperoleh status
terdaftar. Kemudian pada bulan April 1996 Politeknik Gajah Tunggal diresmikan
oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro.
Saat ini seiring dengan berbagai kendala yang dihadapi oleh bangsa tercinta ini,
Politeknik Gajah Tunggal masih tetap mempertahankan citranya sebagai Perguruan
Tinggi Kedinasan yang senantiasa mencetak tenaga-tenaga handal di bidang
industri.
Instansi
PT. Gajah Tunggal Tbk
Jurusan dan Program Pendidikan
  DIII Teknik Mesin,
  DIII Teknik Elektro,
  DIII Teknik Informatika,
  DIII Teknik Kimia.
Jurusan dibuka berdasarkan kebutuhan tenaga ahli di Perusahaan.
Fasilitas
Fasilitas Perorangan
  Bebas beaya SPP dan SKS
  Bebas beaya Praktikum
  Uang saku setiap bulan
  Kupon makan siang setiap bulan
  Buku tulis setiap semester
  Seragam setiap tahun
  Libur 12 hari pertahun (diatur oleh institusi)
Fasilitas Bersama
  Kampus (dua gedung @2 lantai)
  Perpustakaan
  Laboratorium Kimia
  Lab. Listrik
  Lab. Pneumatik
  Lab. Komputer
  Bengkel Teknik Mesin
  Lab. Internet /LAN
  Ruang Musik
  Lapangan Sepak Bola, Bola Basket, Bola Volly (milik Gajah Tunggal)
Penerimaan Mahasiswa Baru
Persyaratan Umum

  Pria, Sehat Jasmani dan Rohani.
  Tanggal 1 September tahun pendaftaran, berumur maksimum 21 tahun.
  Lulus SMU Jurusan IPA atau SMK dengan program studi yang sesuai dengan jurusan
  di Politeknik Gajah Tunggal.
  Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan.
  Bersedia mengikuti seleksi administrasi, tes tertulis, kesamaptaan, wawancara,
  psikotes dan kesehatan.
  Setelah lulus, dilanjutkan dengan pembelajaran dengan bekerja dalam status
  Ikatan Dinas di lingkungan Perusahaan Gajah Tunggal Group selama 5 ( lima)
  tahun.
Persyaratan Khusus
  Surat lamaran dengan alamat yang jelas dan mencantumkan kode jurusan yang
  diminati pada pojok kiri atas amplop.
  Foto copy STTB dan Surat Tanda Kelulusan (STK) yang telah dilegalisir (bagi
  yang belum menerima STK, dapat disusulkan pada saat mengikuti tes tertulis),
  atau Foto copy STTB dan NEM yang telah dilegalisir.
  Foto copy rapor lengkap untuk SMA yang telah dilegalisir dengan nilai mata
  pelajaran Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris rata-rata minimal 6,5. atau
  Fotocopy Transkrip untuk SMK yang telah dilegalisir dengan nilai mata
  pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, dan Uji Kompetensi Produktip rata-rata
  minimal 6, 5.
  Foto copy KTP/Kartu Pelajar dan Foto copy Kartu Keluarga ( KK ).
  Pas Photo terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar.
  Daftar Riwayat Hidup.
  Foto copy Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian yang telah
  dilegalisir.
  Surat Keterangan Penghasilan :
  Slip Gaji terbaru dari Departemen/Bagian Personalia bagi orang tua/wali yang
  bekerja.
  Penghasilan terbaru dari Kelurahan / Kepala Desa bagi orang tua / wali yang
  berwiraswasta / pensiunan / petani.
  Prosedur Pendaftaran
  Surat lamaran ditulis tangan , dengan alamat jelas dan mencantumkan kode
  jurusan yang diminati pada pojok kiri atas amplop
  Fotocopy Raport dari empat cawu/semester terakhir yang telah dilegalisir
  Nilai rata-rata Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris masing-masing minimum
  7,00 untuk semua jurusan
  Fotocopy KTP atau Kartu Pelajar dan Fotocopy Kartu Keluarga
  Pas photo terbaru ukuran 3 X 4 sebanyak 4 lembar
  Daftar Riwayat Hidup,
  SKKB dari Kepolisian
  Slip gaji atau Surat Keterangan Penghasilan terbaru dari kelurahan atau
  Departemen Personalia
  Fotocopy NEM dan Ijasah yang telah dilegalisir
  Surat lamaran harus sudah diterima panitia selambat-lambatnya akhir Juni atau
  Juli setiap tahunnya
  Hanya memenuhi syarat administrasi yang akan dipanggil untuk mengikuti tes
  selanjutnya
  Pelamar atau calon mahasiswa yang memberikan keterangan tidak benar/palsu akan
  digugurkan
  Peserta yang lolos seleksi administrasi akan dipanggil untuk mengikuti ujian
  Tertulis dan tes selanjutnya melalui surat panggilan
  Materi Ujian Tertulis; Matematika, Fisika, Bahasa Inggris.
Waktu
Pembukaan Pendaftaran : Juli -
Waktu Seleksi : Agustus -
Rute angkutan umum dari kota besar
  Dari Jakarta Terminal Senen naik jurusan Cimone/ Tangerang (turun di Cikokol)
  ð Naik R.14 (Turun di Cimone) ð Naik R.01 (Turun di Jatake) ð Naik ojek turun
  di Politeknik Gajah Tunggal
  Dari Bitung Naik R.01 (Turun di Jatake) ð Naik ojek turun di Politeknik Gajah
  Tunggal
  Dari Tangerang Naik R.01 (Turun di Jatake) ð Naik ojek turun di Politeknik
  Gajah Tunggal

Informasi Contact
Alamat lengkap: Jl. Gatot Subroto KM 7, Komplek Industri Gajah Tunggal,
Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Jatiuwung, Kabupaten Tangerang, Propinsi Banten,
Tangerang 15001
Telp.(021) 5900465/8, Fax. (021) 5900481
Homepage: http://www.poltek-gt.ac.id Email: pmb2005@poltek-gt.ac.id




Comments

Popular posts from this blog

Main PS3 Menggunakan Layar Laptop

Cara Mengetahui Elevasi Suatu Tempat

Trilogi FF7